Beranda Kabar Sumut Wali Kota Pematang Siantar Harapkan 24 Panwascam Bekerja Profesional dan Netral

Wali Kota Pematang Siantar Harapkan 24 Panwascam Bekerja Profesional dan Netral

BERBAGI

SIASATNUSANTARA.COM-Dua puluh empat Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) se-Kota Pematang Siantar diharapkan bekerja maksimal, profesional, dan bersikap netral. Tujuannya demi menghasilkan Pemilihan Umum tahun 2024 yang demokratis, langsung, umum, bebas, dan rahasia, serta jujur dan adil.

Harapan tersebut disampaikan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutannya saat menghadiri Pelantikan Panwascam se-Kota Pematang Siantar, di Ballroom Hotel Horison Pematang Siantar, Jumat (28/10/2022) sekitar pukul 14.00 WIB.

Di awal sambutannya, Wali Kota Susanti mengucapkan selamat kepada Panwascam se-Kota Pematang Siantar yang dilantik. Ia mengharapkan Panwascam dapat bekerja secara maksimal, sesuai tugas dan amanah yang diemban. Bekerja dengan penuh tanggung jawab, teliti, jujur, adil, dan independen, serta menjaga netralitas.

Dengan menjaga netralitas, katanya, Panwascam akan selalu mendapatkan kepercayaan publik sebagai penyelenggara Pemilu, khususnya dalam hal pengawasan. Selain itu, Panwascam juga diminta bekerja secara profesional dan memahami aturan-aturan serta pelaksanaan dalam pemilihan umum. Serta selalu ikhlas dalam bekerja sehingga akan diberikan kemudahan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

BERITA LAINNYA:  Lagi, Kapolresta Deli Serdang Cek Lokasi Banjir dan Pendirian Posko Serta Bagi Sembako

Dilanjutkan Wali Kota Susanti, salah satu kunci kesuksesan dan keberhasilan dalam pelaksanaan Pemilu adalah melakukan pendekatan, baik pendekatan kepada pemerintah daerah, partai politik, Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan lainnya. Sebab kedekatan penyelenggara Pemilu, termasuk pengawas, dengan partai politik dan masyarakat sangat berpengaruh terhadap penyelenggaraan pemilihan umum yang lancar, aman, sukses, bermutu, dan berkeadilan.

“Kepada Panwascam yang telah dilantik, agar berpacu dengan waktu untuk segera berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di wilayah masing-masing, mengusulkan Sekretariat Panwascam, menyusun program kerja dan kegiatan dalam melaksanakan tahapan-tahapan pemilihan,” imbaunya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Susanti mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu Kota Pematang Siantar yang telah melaksanakan proses panjang pemilihan dan seleksi Panwascam, hingga kemudian Panwascam terpilih dilantik.

BERITA LAINNYA:  Terima Audiensi PKN, Wali Kota Pematang Siantar Ungkapkan akan Tingkatkan Intensitas Kedekatan dengan Pemuda

Bawaslu Kota Pematang Siantar dan jajarannya juga diharapkan dapat melakukan persiapan kelembagaan menjelang Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024. Sehingga Bawaslu Kota Pematang Siantar dapat melakukan pencegahan pelanggaran dalam pemilihan, serta memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pencegahan pelanggaran. Sehingga masyarakat memahami dan tidak mengganggu keamanan serta ketertiban saat berjalannya tahapan-tahapan dalam Pemilu.

“Sekali lagi, kami dari Pemerintah Kota Pematang Siantar mengucapkan selamat atas pelantikan Panwascam se-Kota Pematang Siantar. Saudara-saudari adalah orang-orang pilihan yang sesuai kriteria Bawaslu melalui kompetisi yang sehat,” sebutnya.

Selanjutnya, akan bekerja sama dalam melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban untuk terselenggaranya pemilihan tahun 2024 yang demokratis, langsung, umum, bebas, dan rahasia, serta jujur dan adil demi mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

“Selamat bekerja mengawasi setiap tahapan Pemilihan Umum. Selalu solid dalam bekerja dan netral dalam setiap tindakan,” ucapnya.

BERITA LAINNYA:  *6 Tahun Sudah LP Sudarto Tak Kunjung Diproses, Bahkan SP2HP Tidak Diterbitkan. Ada Apa Dengan Kinerja Polsek Medan Kota ??*

Sebelumnya, dibacakan Keputusan Ketua Bawaslu Kota Pematang Siantar tentang Penetapan Anggota Panwascam se-Kota Pematang Siantar oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Pematang Siantar Ilham Syahputra Harahap SH. Dilanjutkan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan 24 Panwascam se-Kota Pematang Siantar oleh Ketua Bawaslu Kota Pematang Siantar.

Kemudian, penandatanganan Berita Acara Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan, pembacaan Naskah Pelantikan oleh pejabat yang mengambil sumpah/janji jabatan, yakni Ketua Bawaslu Kota Pematang Siantar Nanang Wahyudi Harahap SSos. Selanjutnya, Pembacaan dan Penandatanganan Pakta Integritas.

Turut memberikan sambutan, Ketua Bawaslu Kota Pematang Siantar Nanang Wahyudi Harahap SSos dan Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara Syafrida R Rasahan diwakili Hendi Sitinjak.

Tampak hadir, Ketua DPRD Kota Pematang Siantar diwakili anggota DPRD Ferry Sinamo, Kapolres Pematang Siantar diwakili Kasat Reskrim AKP Banuara Manurung, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Pematang Siantar diwakili Rahmat, dan Ketua KPU Kota Pematang Siantar Daniel Sibarani. (*)

MISNO

BERBAGI