Beranda Kabar Nusantara Hadiri Perayaan Natal Tahun 2022 Pemkab Simalungun, Kapolres Ajak Masyarakat Jadi Tuan...

Hadiri Perayaan Natal Tahun 2022 Pemkab Simalungun, Kapolres Ajak Masyarakat Jadi Tuan Rumah Yang Ramah

BERBAGI

SIASATNUSANTARA.COM-Simalungun, Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung SH SIK MH menghadiri ibadah dan perayaan Natal Pemerintah Kabupaten Simalungun bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) dan masyarakat Kabupaten Simalungun Tahun 2022.

Kegiatan tersebut digelar di Halaman Gereja HKBP Tiga Dolok Resor Tiga Dolok Jalan Besar Parapat Km 17 Kecamatan Dolok Panribuan Kabupaten Simalungun, Selasa (13/12/2022) sekira pukul 08.30 WIB.

Dalam sambutannya, Kapolres Simalungun mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan umat beragama dan menjadi tuan rumah yang ramah bagi seluruh masyarakat.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, pasti wilayah kita ini menjadi daerah yang akan dilalui, yang akan dikunjungi oleh seluruh warga masyarakat, baik yang akan merayakan Natal dan tahun baru maupun yang akan berlibur. Marilah kita menjadi tuan rumah yang ramah bagi seluruh orang-orang yang akan melintas, yang akan pulang kampung, yang akan mudik ke tempat kita, sehingga kesan-kesan yang positif bisa memberikan dampak positif bagi Kabupaten Simalungun ini,” ucap AKBP Ronald.

Kapolres juga menginformasikan bahwa pihak kepolisian akan melaksanakan kegiatan Operasi Lilin Toba 2022. “Pada tanggal 22 November 2022 sampai tanggal 3 Januari 2023 Operasi Kepolisian dengan sandi Operasi Lilin Toba-2022 akan digelar, tentu beberapa kegiatan yang akan kita kerjakan adalah fokus kepada pengamanan-pengamanan ibadah Natal diseluruh gereja yang ada diwilayah Kabupaten Simalungun,” ungkapnya.

BERITA LAINNYA:  Sat Lantas Polresta Deli Serdang Laksanakan Kegiatan Police Go To School

Dalam hal ini, lanjutnya, pengamanan kepada masyarakat yang akan berlibur, yang akan pulang kampung juga akan menjadi prioritas pelaksanaan kegiatan, tentu dari unsur pemerintah seperti TNI-Polri, dari Sat Pol-PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan tidak akan mampu menjalankan tugas tanpa adanya dukungan bantuan dari masyarakat.

“Untuk itu dalam kesempatan ini saya mengajak dan menghimbau kepada kita semua, minimal kita bisa memberikan peran yang positif, agar nanti dalam pelaksanaan ibadah Natal dan tahun baru, warga masyarakat yang akan pulang kampung senantiasa merasa aman dan damai serta nantinya kembali juga dalam keadaan aman dan damai, yang paling penting adalah situasi di wilayah Kabupaten Simalungun ini dapat kondusif,” ungkap Kapolres.

“Kami juga meminta kepada para hamba Tuhan, dan warga masyarakat supaya kami orang-orang yang saat ini berkesempatan duduk sebagai pelayan-pelayan masyarakat, Pak Bupati, Pak Wakil Bupati, Pak Sekda, Pak Ketua Dewan, Pak Dandin dan Pak Kapolres dimampukan untuk bisa memberikan pelayanan kepada warga masyarakat. Mungkin kami masih banyak kekurangan bapak/ibu sekalian tetapi kami percaya dengan kekurangan ini kami selalu mencoba untuk berbuat yang lebih baik kepada warga masyarakat, Saya atas nama Polres Simalungun menyampaikan selamat Hari Natal untuk kita semua, semoga kasih Tuhan damai sejahtera dan suka cita menyertai dan memberkati kita sampai saat ini, dan akan memasuki Tahun Baru 2023,” tambah Kapolres Simalungun.

BERITA LAINNYA:  Sexcamhub Review

Perayaan Natal bersama itu mengangkat tema “Maka Pulanglah Mereka Ke Negerinya Melalui Jalan Lain (Mat.2:12)”, dan sub tema “Melalui Perayaan Natal Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Simalungun dalam kasih Tuhan bersinergi mewujudkan hidup yang sejahtera”.

Perayaan Natal ini diawali dengan penyalahan lilin Natal oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, pengkhotbah Ephorus GKPS Pdt Deddy Fajar Purba, Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani, Kapolres AKBP Ronald FC Sipayung, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy, mewakili Kajari, mewakili Ketua PN Simalungun, Sekda Esron Sinaga, BKAG dan Ketua TP PKK Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Usai penyalaan lilin dilanjutkan dengan pelaksanaan ibadah Natal yang dipimpin oleh Ephorus GKPS Pdt Deddy Fajar Purba. Dalam khotbahnya Ephorus antara lain mengingatkan agar insan manusia memiliki etika dalam bertindak dan hidup.

“Jangan biarkan arah hidup mu lari dari ajaran Tuhan. Pola hidup, mentalitas tidak memuliakan Tuhan supaya tidak dilakukan lagi,” kata Pdt Deddy.

BERITA LAINNYA:  Jalin Silaturahmi dan Sinergitas | Kapolres Asahan Bertatap Muka dengan Pengurus FKUB

Disampaikan bahwa, orang merayakan Natal senantiasa optimis menjalani kehidupan. “Berita Natal, Allah sedang menunjukkan jalan dan harapan hidup manusia dalam kondisi dan suasa apapun,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam sambutannya menyampaikan selamat Natal kepada masyarakat yang melaksanakannya dan selamat tahun baru 2023 untuk semuanya.

“Bagaimana pesan Natal ini dapat kita refleksikan di kehidupan kita sehari hari, dan semoga kasih Natal menyertai kita semua. Selama kebersamaan kita di 2022 ini, tentu banyak kesalahan maupun kekhilafan, oleh karenaya saya mohon maaf. Saya berharap di momen Natal 2022 ini kedepannya, kalau kita berjalan bersama, saya yakin kita akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik di Kabupaten Simalungun,” pungkas Bupati.

Dalam perayaan Natal bersama ini juga di lakukan pemberian santunan dan bingkisan kepada 50 anak yatim piatu. Secara simbolik diberikan kepada 10 orang anak yatim piatu oleh Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0207/Sml, Sekda, Ketua TP PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Kacang Bank Sumut Raya dan perwakilan Camat.

ARIFIN

BERBAGI