Beranda Kabar Sumut dr Susanti Canangkan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan dan Pengukuhan TP...

dr Susanti Canangkan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan dan Pengukuhan TP PKK

BERBAGI

SIASATNUSANTARA.COM||Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA mencanangkan Kesatuan Gerak PKK Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Kesehatan Kota Pematang Siantar Tahun 2022. Sekaligus Pengukuhan TP PKK Kota Pematang Siantar, TP PKK Kecamatan, dan TP PKK Kelurahan se-Kota Pematang Siantar. Acara tersebut dilaksanakan di Lapangan Parkir Pariwisata, Jalan Merdeka Pematang Siantar, Rabu (14/12/2022) mulai pukul 10.00 WIB.

dr Susanti dalam bimbingan dan arahannya mengatakan, Gerakan PKK sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan, khususnya dalam meningkatkan perannya meningkatkan kesejahteraan keluarga, dengan meningkatkan sumber daya manusia, menanggulangi kemiskinan, menekan kasus stunting, dan mengendalikan angka pertumbuhan penduduk.

Dilanjutkannya, kiprah PKK di lingkungan masyarakat juga menjadi ikon civil society dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan menjadi lebih berdampak efektivitasnya dengan adanya kader PKK yang menjangkau sampai ke tingkat kelurahan.

Kegiatan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan, katanya, merupakan bagian dari upaya mengintensifikasi lintas sektor di bidang pemberdayaan keluarga, pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (KB), dan kesehatan yang bertumbuh kepada kader-kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai fokus utama.

BERITA LAINNYA:  "Sudah Divo Himmah DKI Desak A.P.H Tangkap Dan Tahan, Terdakwa Pelaku Pemalsuan Dokomen, Alvin Lim

Melalui kegiatan tersebut, dr Susanti berharap kepada kader PKK untuk tidak bosan memberikan pembinaan dan
penyuluhan kepada masyarakat, utamanya pelayanan KB dan kesehatan. Guna terwujudnya Kota Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

“Sejauh ini Pemerintah Kota Pematang Siantar telah melakukan berbagai upaya dalam rangka mensukseskan Program Bangga Kencana, melalui kolaborasi dengan mitra kerja lintas sektor baik itu IBI, TNI, maupun PKK,” tukasnya.

dr Susanti mengajak seluruh jajaran Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), Dinas Kesehatan, dan TP PKK, mulai tingkat kota sampai kelurahan untuk selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan seluruh elemen terkait agar Program Bangga Kencana semakin berhasil di Kota Pematang Siantar.

Kepada petugas pelaksana lini lapangan, para bidan, dan kader PKK sebagai ujung tombak pelayanan KB, agar menjadi petugas yang handal, merealisasikan Program Bangga Kencana di Kota Pematang Siantar.

BERITA LAINNYA:  Tanam Padi di Siantar Marihat, dr Susanti Mengaku Pernah Bercita-cita Menjadi Petani

Sebelumnya, Ketua TP PKK Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH menyampaikan, Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) merupakan program nasional yang harus terus digalakkan. Suksesnya Program Bangga Kencana tentu saja akan berdampak besar terhadap percepatan ekonomi masyarakat. Untuk itu, diperlukan keterpaduan antara organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan stakeholder yaitu Tim PKK dalam upaya pembangunan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan ini merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu oleh Tim Penggerak pkk bersama OPD terkait, di antaranya Dinas Pengendalian Penduduk
dan Keluarga Berencana serta Dinas
Kesehatan Kota Pematang Siantar untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang merata, khususnya dalam pelayanan KB,” terangnya.

Adapun pencapaian peserta KB baru, yakni IUD 14 akseptor, Implan 142 akseptor, Mow 10 akseptor, Suntik 40 akseptor, Pil 95 akseptor, dan Kondom 98 akseptor, dengan total 399 akseptor.

BERITA LAINNYA:  Jaga Kamtibmas, Polsek Medan Timur Gelar Patroli Blue Light

Dalam perkembangannya, lanjut Erizal, Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan telah mencapai banyak hal, khususnya dalam mewujudkan mayarakat yang sehat.

“Gerakan PKK sebagai mitra pemerintah
dalam pembangunan, khususnya dalam meningkatkan perannya meningkatkan kesejahteraan keluarga, dengan
meningkatkan sumber daya manusia, menanggulangi kemiskinan, menekan kasus stunting, dan mengendalikan angka pertumbuhan penduduk,” jelasnya.

Guna menyikapi tantangan baru dalam pengendalian penduduk, sambungnya, saat ini PKK telah menjadi agen pembangunan dan agen perubahan terdepan terutama dalam peningkatan kesejahteraan keluarga.

“Saya minta dengan hormat agar
Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan bekerja sama dengan Dewan Pembina, supaya terwujud Kota Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” tandasnya.

Turut hadir, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematang Siantar Budi Utari Siregar AP, Kepala BNN Kota Pematang Siantar Dr Tuangkas Harianja, para Asisten dan Staf Ahli Wali Kota, pimpinan OPD, camat, lurah, para Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan serta jajaran. (*)

MISNO

BERBAGI