Beranda Kabar Sumut dr Susanti Berharap Pekan Olahraga Pelajar jadi Momentum Bangkitnya Prestasi Olahraga di...

dr Susanti Berharap Pekan Olahraga Pelajar jadi Momentum Bangkitnya Prestasi Olahraga di Pematang Siantar

BERBAGI

SIASATNUSANTARA.COM-Kejuaraan dan Pekan Olahraga Pelajar Tingkat Kota Pematang Siantar Tahun 2022 diharapkan menjadi momentum bangkitnya minat pelajar untuk meningkatkan prestasi melalui olahraga. Apalagi, setelah melewati keterbatasan aktivitas selama dua tahun pandemi Covid-19.

Harapan tersebut disampaikan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA saat menghadiri sekaligus membuka Kejuaraan dan Pekan Olahraga Pelajar Tingkat Kota Pematang Siantar Tahun 2022 Memperebutkan Piala Wali Kota Pematang Siantar, di halaman kantor Dinas Pariwisata, Jalan Singosari Nomor 1 Pematang Siantar, Selasa (22/11/2022) sekitar pukul 09.00 WIB.

“Kejuaraan dan Pekan Olahraga Pelajar ini menjadi momentum bangkitnya minat pelajar untuk meningkatkan prestasi melalui olahraga setelah melewati keterbatasan aktivitas selama dua tahun pandemi Covid-19,” kata dr Susanti.

Prestasi di bidang olahraga, lanjutnya, tentunya diawali melalui pembudayaan olahraga, pengenalan dan pembinaan sejak usia dini, serta kompetisi secara berjenjang dan berkelanjutan.

BERITA LAINNYA:  Tingkatkan Ilmu Kepolisian, Siswa Diktukba Polri Gel II SPN Hinai Laksanakan Latihan Kerja Di Mapolresta Deli Serdang

Selanjutnya, untuk optimalisasi pembinaan dan pembudayaan olahraga, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, dr Susanti mengatakan, “Mari kita sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat, khususnya di kalangan pelajar sebagai generasi penerus bangsa, sehingga olahraga dijadikan sebagai kebutuhan hidup dan gaya hidup.”

Masih kata dr Susanti, masa muda adalah masa emas. Para pelajar adalah harapan bangsa.

“Kami mengajak untuk tetap menorehkan prestasi di bidang olahraga. Buktikan, anak kami mampu dan optimis dalam bertanding,” tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dr Susanti mengucapkan terima kasih kepada para kepala sekolah dan guru olahraga yang telah bekerja sama di sekolah. Sehingga dapat mengirimkan utusan dari sekolah masing-masing.

dr Susanti juga mengapresiasi Dinas Pariwisata sebagai panitia pelaksana. Kepanitiaan yang telah dibentuk, lanjutnya, agar bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh sebagai pelayanan prima untuk masyarakat Kota Pematang Siantar.

BERITA LAINNYA:  Wali Kota Pematang Siantar Bantu Korban Longsor di Jalan Siak

“Selamat bertanding. Kemenangan utama adalah sportivitas. Mari junjung tinggi sportivitas,” ucap dr Susanti.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kota Pematang Siantar Kusdianto SH dalam laporannya menerangkan, kegiatan tersebut berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan, PP Nomor 17 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pekan dan Kejuaraan Olahraga, serta Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran pada Dinas Pariwisata Kota Pematang Siantar Tahun Anggaran 2022.

Sedangkan tujuannya, meningkatkan minat dan bakat olahraga masyarakat, khususnya kalangan pelajar di Kota Pematang Siantar.

“Serta mengembangkan kegiatan olahraga di sekolah dan mendukung kegiatan pelajar di bidang olahraga. Termasuk meningkatkan prestasi pelajar di bidang olahraga,” jelasnya, seraya menambahkan Kejuaraan dan Pekan Olahraga Pelajar dilaksanakan 22-26 November 2022.

BERITA LAINNYA:  Dr Susanti Bekali Siswa SMAN 2 Pematang Siantar dengan Penguatan Ideologi Pancasila

Sedangkan lokasi kegiatan yaitu, cabang olahraga badminton di Hall Putra Solo Jalan Sisingamangaraja Kota Pematang Siantar, cabang olahraga tenis meja di aula SD Negeri Jalan Merpati Ujung, dan cabang olahraga karate di aula SMA Negeri 4 Kota Pematang Siantar.

“Kegiatan itu diikuti siswa-siswi sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA se-Kota Pematang Siantar,” sebutnya.

Untuk cabang olahraga badminton 196 peserta, tenis meja 121 peserta, dan karate 212 peserta, dengan jumlah keseluruhan 529 peserta.

Turut hadir, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Pematang Siantar Pariaman Silaen SH, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pematang Siantar Jayadi Sagala, para kepala sekolah dan guru pendamping, para wasit dan juri pertandingan, serta para pelajar se-Kota Pematang Siantar. (*)

MISNO

BERBAGI