Beranda Kabar Sumut Dr Susanti Bekali Siswa SMAN 2 Pematang Siantar dengan Penguatan Ideologi Pancasila

Dr Susanti Bekali Siswa SMAN 2 Pematang Siantar dengan Penguatan Ideologi Pancasila

BERBAGI
SIASATNUSANTARA.COM-Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA memberikan bekal penguatan ideologi Pancasila kepada siswa-siswi SMA Negeri 2 Pematang Siantar. Kegiatan berlangsung di halaman SMAN 2, Jalan Patuan Anggi Pematang Siantar, Rabu (16/11/2022) pagi.
Kepala SMAN 2 Pematang Siantar Drs Hasbiansyah MSi mengucapkan terima kasih kepada wali kota, Forkopimda,  dan rombongan yang telah hadir di SMAN 2.
“Kepada anak-anak kami sekalian, mari ikuti acara ini dengan baik dan mudah-mudahan dengan hadirnya ibu wali kota menjadi motivasi yang kuat kepada kalian semua sebagai generasi penerus. Karena 10 tahun ke depan, ya kalian juga harus bisa menjadi pejabat. Mudah-mudahan acara bisa berjalan dengan baik, dan apa yang kita harapkan, apa yang kita cita-citakan dapat tercapai,” katanya.
dr Susanti menerangkan, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada Pasal 3 disebutkan tujuan pendidikan diselenggarakan agar setiap individu dapat menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.
Dilanjutkannya, Kurikulum Merdeka yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia agar sesuai dengan kebutuhan zaman. Dalam Kurikulum Merdeka, siswa tidak hanya dibentuk untuk menjadi cerdas, namun juga berkarakter sesuai nilai-nilai Pancasila.
Di dalam Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5), profil pelajar Pancasila adalah pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.
Di lain sisi, profil pelajar Pancasila juga mencakup mengenai kemampuan pelajar untuk memiliki paradigma berpikir yang terbuka terhadap perbedaan dan kemajemukan. Pelajar Pancasila harus memiliki kepedulian pada lingkungannya dan menjadikan kemajemukan yang ada sebagai kekuatan untuk hidup bergotong-royong.
Terdapat enam elemen atau dimensi profil pelajar Pancasila yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya yaitu, Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia; Berke-Bhinekaan Global; Gotong-royong; Mandiri; Bernalar Kritis; dan Kreatif.
Selanjutnya, dr Susanti bersama Dandim 0207/Simalungun, perwakilan Polres dan Kejari Pematang Siantar menyerahkan  buku tentang Pancasila, roll banner, brosur, leaflet, dan stiker kepada Kepala SMAN 2 Pematang Siantar.
Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy memberikan penguatan ideologi Pancasila.
Pelajar, katanya, harus memiliki karakteristik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pelajar Indonesia harus memiliki sikap menghormati keberagaman dan toleransi terhadap perbedaan. Pelajar Pancasila wajib memiliki sikap yang kreatif dalam setiap tindakannya.
“Menjadikan pelajar Indonesia memiliki kualitas yang dapat bersaing secara nasional maupun global. Semua pelajar harus memliki wawasan kebangsaan untuk dapat mencintai bangsa ini dan mencapai tujuan nasional kita bersama,” tuturnya.
Tampak hadir, Kasipidum Kejari saan Negeri Kota Pematang Siantar Edy Tarigan, Kasat Narkoba Polres Pematang Siantar AKP Rudi Panjaitan, Kepala Badan Kesbangpol Kota Pematang Siantar Sofie Saragih SSTP MSi, dan Plt Kadis Kominfo Johanes Sihombing SSTP MSi. (*)
MISNO
BERITA LAINNYA:  Bhabinkamtibmas Polsek BP Mandoge Menyerahkan Bibit Cabai Merah kepada masyarakat Desa Huta Padang
BERBAGI