Beranda Kabar Sumut Pembersihan Lahan HGU PTP-N IV Yang Terletak Di Afdelling II Bah Jambi...

Pembersihan Lahan HGU PTP-N IV Yang Terletak Di Afdelling II Bah Jambi Kecamatan Jawa Maraja. Simalungun Berlangsung Ricuh.

BERBAGI

Siasatnusantara.com-Simalungun, Pembersihan Lahan Perkebunan PTPN IV Bah Jambi berlangsung Ricuh.Sesuai pantauan awak media ini di lapangan pada hari Selasa (11/ Okt) pukul 10.00 Wib., sebanyak hampir lebih kurang 1000 orang serikat pekerja Perkebunan (SPBUN PTPN IV) dikerahkan untuk melakukan pembersihan lahan kebun Bah Jambi yang terletak di Afdeling II Huta Raya Timuran Kecamatan Jawa Marraja Kabupaten Simalungun

 

Sesuai keterangan yang dihimpun dari salah seorang karyawan kebun, adapun pembersihan lahan yang mereka lakukan tersebut, didasarkan dari adanya kegiatan bercocok tanam yang dilakukan oleh masyarakat yang mengatas namakan “Masyarakat 147 KK”.di tanah HGU yang kini masih aktif milik PTPN IV Kebun Bah Jambi.Yang mana kuas lahan tersebut diketahui sepanjang (luasnya) kurang lebih hampir 200 hektar.

BERITA LAINNYA: 

 

Tampak terlihat dilokasi lahan tersebut seluruh karyawan kebun dengan membawa beberapa alat Sajam berupa cangkul , parang , arit dan lain lain, dengan di Kordinir oleh, sesuai infonya katanya Ketua SPBUN PTPN IV Bah Jambi, Bernama M Iskandar dan didampingi Sekjen bernama Deni, melakukan pembersihan di lahan itu

 

Dan terlihat dilokasi, seiring berjalannya pembersihan lahan, yang mana tentunya masyarakat yang mengatas namakan,”Masyarakat 147 KK” bersama anak anak mereka.yang datang ke lokasi lahan dengan mengenakan pakaian seragam sekolah mereka , mencoba menghalangi karyawan kebun yang ingin melakukan pembersihan lahan.

“Tentunya mereka menolak lahan itu dibersihkan pihak kebun, disebabkan adanya jerih payah mereka yang selama ini mereka lakukan dengan bercocok tanam dilahan itu. dan kini siap panen, hendak di bersihkan (di babat) oleh pihak kebun” .

BERITA LAINNYA:  Polsek Pagar Merbau Laksanakan Patroli Monitoring BBM ke SPBU

 

Dalam insiden penolakan itu, terlihat , tidak sempat terjadi bentrok disebabkan dengan sigapnya pihak kepolisian dari Polres Simalungun,telah berada dilokasi untuk mengamankan lokasi.

 

Selanjutnya sesuai infonya diketahui, pihak kebun PTPN IV Bah Jambi, yang katanya mereka akan terus melakukan pembersihan lahan tersebut. Ujar mereka

 

“Kami pihak kebun akan terus melakukan pembersihan di lahan HGU ini, yang mana nantinya setelah kami lakukan pembersihan kami akan melakukan penanaman Kelapa Sawit dilahan ini” Pungkas mereka, pihak kebun melalui Kordinator Aksi M Iskandar.

 

Mengenai permasalahan itu, dikonfirmasi kepada pihak kebun, hingga saat ini belum dapat dihubungi, begitu juga dari pihak Masyarakat , yang mengatas namakan Masyakat 147 KK” sampai saat ini belum diketahui pastinya, siapa kordinator aksi dari mereka.

BERITA LAINNYA:  Kapolres Asahan Silaturahmi ke Kantor FKUB Kab. Asahan

 

Selanjutnya awak media mencoba mengkonfirmasi hal tersebut kepada Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP RAHMAT ARIBOWO SIK MH, yang ketetapan berada dilokasi, bersama Plt Humas Polres Simalungun Surya Dharma, oleh mereka terkait permasalahan lahan. mereka tidak mengetahuinya pasti. ” Yang pastinya kami pihak dari kepolisian Polres Simalungun untuk saat ini, ada dilokasi ini, hanya untuk melakukan pengaman saja, ,agar tidak terjadi bentrok diantara kedua belah pihak (pihak kebun dan Pihak Warga Masyarakat yang mengatas namakan Masyarakat KK 147) ” Tegas Kasat dan Plt Humas kepada awak media ini.

( Deni.S)

BERBAGI