BERBAGI

Siasatnusantara.Com-SIMALUNGUN- II. Antisipasi lonjakan kendaraan jelang Natal dan Tahun Baru, Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto SH, SIK, MH dan Wakil Bupati (Wabup) Simalungun H. Zonny Waldi, S.Sos, MM. men-survey sekaligus melakukan pengecekan akses jalan lingkar luar atau jalur alternatif menuju kelokasi Wisata Danau Toba.Kegiatan itu dilaksanakan tepatnya dihari Kamis (02/Des-2021) pagi.

Turut serta dalam kegiatan tersebut, Kasat Lantas AKP Hendrik Fernandes Aritonang, SIK, MH, Kasat Reskrim AKP Rachmat Aribowo, SIK, MH dan Camat Girsang Sipangan Bolon,bapak Marwabdi Y Simaibang.


Disela sela kegiatan, Oleh Kapolres Simalungun AKBP Nicolas D.A.SIK.SH.MH, didampingi Kasat Lantas AKP Hendrik F.Aritonang SIK.urainya kepada awak media, “Kegiatan tereebut dilaksanakan untuk terciptanya Kamseltibcar Lantas yang aman dan lancar, selama pelaksanaan operasi Lilin Toba-2021”.

Selanjutnya Kapolres menerangkan, bahwa hasil dari pengecekan tersebut, diketahui bahwa Jalan Pematang Siantar – Parapat merupakan jalan penghubung antara Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba, Kabupaten Humbahas serta Kabupaten Samosir.

Dan volume kendaraan sangat tinggi melintas disetiap harinya, hal itu dapat diketahui sesuai hasil pantauan pihaknya, di lapangan.Terutamanya pada hari Sabtu dan Minggu juga dihari libur nasional,peningkatan volume kendaraan melebihi dihari biasanya, yang mana dapat menyebabkan kemacetan panjang, apa lagi ada terjadi Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) maupun Bencana alam, seperti tanah longsor, Pohon tumbang dan adanya iring iringan kendaraan pengangkut yang Overdimensi dan Overkasitas (ODOL).

Selanjutnya Kapolres menerangkan bahwa Kondisi jalan Pematang Siantar -Parapat, hingga saat ini banyak yang rusak dan berlobang, Terutamanya di Km 18-19 badan jalan sebelah kiri longsor/amblas dan hingga kini belum ada perbaikan.Juga di KM 28-29 bahu jalan sebelah kanan Amblas /Longsor kini dlaam perbaikan

Sebut Kapolres kembali, sesuai hasil survey pihaknya dilapangan
tepatnya di KM 18-19,laju jalan rawan kecelakaan,Licin dan sempit.Dan tepatnya di KM 28-29 jalan berliku dan menikung.

Dan pada Km 32 (Simpang Palang) merupakan persimpangan jalan menuju jalan lingkar luar parapat nomor 069 yang juga merupakan jalur penghubung antara Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba, Kabupaten Humbahas sepanjang 19 Km dengan kondisi Aspal Hotmik sepanjang 18,5 Km (500 M belum di Hotmik pada KM 18 – 18,5 ).

“Semoga para pengemudi selalu berhati hati dan apabila macet dapat melintas melalui jalan lingkar simpang palang” Ujar Kapolres berpesan.(Deni.S)