BERBAGI

Siasatnusantara.Com-Simalungun. II.. Kalapas Kelas II A Pematang Siantar, Rudi F Sianturi memerintahkan bawahannya untuk segera melakukan investigasi terkait video viral warga binaan Lapas Pematang Siantar yang sedang melakukan kegiatan karaokean di dalam Lapas.


“Setelah saya memperoleh laporan soal adanya video karaokean yang dilakukan warga binaan Lapas kelas IIA Pematang Siantar dan tersebar di media sosial, saya segera meminta jajaran untuk melakukan investigasi,” ujar Kalapas, Selasa (22/11/2021).

Dan Dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan yang dilakukan pihak lapas terhadap video tersebut dapat diketahui bahwa orang-orang yang terkait dalam video itu, benar dalam video tersebut adalah warga binaan Lapas kelas IIA Pematang Siantar.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap warga binaan  diketahui WBP tersebut bernama Farhan dan Abdi Zainul Abidin, mereka mengakui bahwa mereka yang ber-karaokean dan memposting di media sosial Facebook. Mereka mengunggah video tersebut pada bulan Agustus 2021 setelah melaksanakan senam pagi di lapangan.


“Adapun alat karaoke yang digunakan merupakan alat yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan senam pagi”.

Kami sudah memerintahkan jajaran pengamanan dan kamtib untuk menindak dengan cara menstaffsell 2×6 hari terhadap 2 warga binaan tersebut dan telah dilakukan razia ke sel warga binaan tersebut,” Pungkas Rudi.

Dan berdasarkan hasil pemeriksaan tidak ada ditemukan narkoba dan minuman keras di sel mereka. Bahkan tim Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara juga sudah diturunkan untuk  melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait dan menemukan kondisi Lapas Kelas IIA Pematang Siantar saat ini dinyatakan aman dan kondusif.

“Namun Kakanwil Kemenkumham Sumut memerintahkan saya segera memindahkan/mutasi Farhan dan abdi Zainul Abidin tersebut ke lapas lain,” tutup Kalapas Rudy kepada wartawan.(Deni.S.)